Mengupas Misteri Jenglot

Apa itu Jenglot? Pertanyaan ini mungkin yang akan ada di benak kita, ketika melihat wujud Jenglot yang aneh dan mengerikan. Bentuknya yang berukuran kecil dengan rambut dan taring yang biasanya panjang membuat kita heran, makhluk apa sebenarnya Jenglot ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu asal-usul jenglot, baik dilihat dari sisi spiritual maupun dari sisi ilmiah, agar pemahaman kita terhadap Jenglot ini tidak salah kaprah.


Jenglot adalah suatu makhluk misterius yang dipercaya mempunyai kekuatan gaib berbentuk seperti manusia tetapi berukuran sangat kecil dengan tinggi tubuh kurang dari 12 cm, berambut panjang seperti ijuk, berkuku dan bertaring panjang dan runcing.

Menurut kepercayaan yang berkembang di masyarakat, bahwa Jenglot merupakan perwujudan manusia yang semasa hidupnya mempunyai kesaktian tinggi, akan tetapi setelah meninggal jasadnya tidak diterima bumi karena dosa-dosanya yang besar. Karena tidak bisa membusuk, jasad tersebut tetap utuh namun ukurannya terus mengecil.

Banyak yang meyakini bahwa Jenglot mempunyai kekuatan gaib, oleh karena ada diantara mereka yang sengaja memeliharanya dengan cara memberi darah sebagai makanannya. Konon, Jenglot dipercaya mau melakukan apa saja sesuai dengan yang diperintahkan permiliknya. Jenglot dapat ditemukan dtempat-tempat dan waktu yang tidak terduga.

Di tinjau secara ilmiah, dilihat secara fisik bentuk Jenglot seperti manusia. Tetapi setelah dilakukan penelitian lebih mendalam, ternyata struktur tubuh Jenglot berbeda dengan manusia, karena Jenglot tidak memiliki tulang seperti halnya manusia, hanya ada tulang penyangga dari kepala sampai badan, jaringan kuku dan jaringan gigi. Dalam penelitianpun sempat ditemukan segumpal daging, namun belum bisa dipastikan apakah itu daging atau bukan.

Itulah penjelasan tentang Jenglot. Baik penjelasan dari sisi kepercayaan masyarakat (spiritual) maupun penjelasan dari sisi ilmiah. Semuanya kembali lagi pada diri kita sendiri, bagaimana kita mengartikan dan memahami Jenglot tersebut. Wallahu'alam....Semoga kita tidak menjadi orang-orang yang Syirik.

- -