Cerita Anak Kuda Yang Memakai Kulit Harimau


Seekor kuda sedang berjalan dari sebuah ladang gandum menuju sebuah hutan yang lebat. Kuda itu telah puas memakan gandum yang ada di ladang itu, dia terlihat gembira karena pada waktu itu tidak ada petani yang menjaga ladang tersebut.

Kuda Yang Memakai Kulit Harimau

Ketika dia menuju hutan, di tengah jalan sang kuda merasa heran melihat sesuatu seperti sebuah kulit harimau. Dan ternyata memang benar, apa yang dia lihat adalah sebuah kulit harimau yang tidak sengaja di tinggalkan oleh para pemburu. Sang kuda mencoba memakai kulit harimau itu, dan ternyata kulit tersebut pas di pakai pada tubuhnya.

Lalu terlintas di benaknya untuk menakut-nakuti hewan-hewan yang ada di hutan. Lalu, kuda itu bergegas untuk mencari tempat bersembunyi. Tempat itu harus gelap dan sering di lalui oleh hewan-hewan yang ada di hutan. Akhirnya. dia kuda itu menemukan semak-semak yang cukup gelap untuk bersembunyi. Lalu, kuda itupun masuk ke dalam semak-semak dengan menggunakan kulit harimaunya. Dia bersembunyi menunggu hewan hutan yang akan melewatinya. Tidak lama kemudian, datang beberapa domba gunung berjalan ke arah dirinya.

Ketika domba-domba itu melewati semak-semak tempat kuda bersembunyi, kuda itu meloncat ke arah domba-domba tersebut. Secara serentak domba-domba itu berlarian kesana kemari, mereka ketakutan dengan kulit harimau yang dipakai oleh si kuda. Kuda itu tertawa melihat domba-domba berlarian, dia senang sekali karena telah berhasil menakuti domba-domba itu.

Lalu sang kuda kembali bersembunyi ke dalam semak-semak, dia menunggu hewan lain yang akan di takutinya. Dari kejauhan, dia melihat seekor tapir berjalan sambil mengunyah sesuatu di mulutnya. Tapir itu berjalan dengan lambat melewati semak-semak tempat kuda bersembunyi. Lalu, kuda itu meloncat dari semak-semak. Tapir terkejut, dan berlari sekencang-kencangnya menghindari kuda yang memakai kulit harimau. Sang kuda semakin senang dengan keberhasilannya menakut-nakuti hewan yang ada di hutan. Kemudian, dia kembali ke semak-semak untuk menunggu hewan lain yang akan di takutinya.

Kini, sang kuda harus menunggu lebih lama dari sebelumnya. Namun, hal itu tidak membuatnya bosan. Tiba-tiba, seekor kucing hutan berlari kearahnya sambil membawa seekor tikus di mulutnya. Namun, si kucing tidak berlari melewati semak-semak. Kucing itu malah duduk menyantap tikus di dekat pohon besar. Melihat hal itu, sang kuda berinisiatif untuk mengagetkannya dari arah belakang. Kuda itu keluar dari semak-semak dan berjalan dengan hati-hati mendekati si kucing. Setelah cukup dekat, kuda itu mengaum. Namun, si kuda tidak sadar kalau aumannya bukanlah suara harimau melainkan suara kuda. Mendengar suara itu, si kucing melihat ke arah belakang dan dia melihat seekor kuda dengan kulit harimau namun bersuara seperti kuda.

Hal itu, membuat si kucing tertawa terbahak-bahak "Apabila aku melihatmu memakai kulit harimau itu, aku akan lari ketakutan. Tapi, aumanmu itu bukanlah suara seekor harimau, tetapi suara seekor kuda". Mendengar ejekan si kucing, kuda pun merasa malu lalu pergi meninggalkan si kucing.

-  T  A  M  A  T  -