Masa Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang di utus ke muka bumi ini. Nabi Muhammad SAW adalah panutan atau teladan bagi umat Islam. Tanpa jasa dan usahanya mungkin sampai saat ini kita tidak akan pernah memeluk agama Islam.

Masa Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Pada masa kelahiran Nabi Muhammad SAW terdapat kejadian yang luar biasa, yaitu ada rombongan pasukan gajah yang di pimpin oleh Raja Abrahah (Gubernur kerajaan Habsyi di Yaman) hendak menghancurkan Ka'bah, karena negeri Mekkah semakin ramai dan bangsa Quraisy semakin terhormat serta setiap tahunnya selalu di padati oleh umat manusia untuk menunaikan haji. Hal ini membuat Abrahah iri dan berusaha membelokan umat manusia agar tidak lagi ke Mekkah. Abrahah mendirikan gereja besar di  Shan'a yang bernama Al-Qulles. Namun, tidak seorangpun yang mau datang ke gereja tersebut.

Abrahah marah besar dan akhirnya mengerahkan pasukan bergajah untuk menyerang Ka'bah. Di dekat kota Mekkah. pasukan bergajah merampas harta benda milik penduduk termasuk 100 ekor unta milik Abdul Muthalib.

Keadaan kota Mekkah menjadi sepi, pasukan Abrahah dengan leluasa masuk Mekkah dan siap untuk menghancurkan Ka'bah. Namun, Allah SWT mengutus burung Ababil untuk membawa kerikil Sijjil dengan paruhnya. Kerikil itu di jatuhkan tepat mengenai para tentara pasukan bergajah sampai mati. Pasukan bergajah hancur lebur mendapat azab Allah SWT. Peristiwa ini tertulis dalam Al Qur'an :


أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ -١- أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ -٢- وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْراً أَبَابِيلَ -٣- تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ -٤- فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍ -٥- 

"Tidakah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhan-mu telah bertindak terhadap pasukan bergajahTidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhan-mu telah Bertindak terhadap pasukan bergajah?
Pasukan yang dipimpin oleh Abrahah, Gubernur Yaman yang hendak menghancurkan Ka’bah. Sebelum masuk ke kota Mekah, pasukan tersebut diserang burung-burung yang melemparinya dengan batu-batu kecil sehingga mereka musnah.
Bukankah Dia telah Menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?
dan Dia Mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,
yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,
sehingga mereka Dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat)." (QS. Al-Fill 1 - 5).

Pada masa itu, lahir seorang bayi laki-laki yang di beri nama Muhammad dari kandungan ibu Aminah dan ber-ayahkan Abdullah. Nabi Muhammad SAW lahir sudah menjadi seorang yatim, karena saat Nabi Muhammad SAW masih dalam kandungan ayahnya sudah meninggal dunia. Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun gajah dan bertepatan tanggal 22 April 571 M.

Pada zaman kelahiran Nabi Muhammad SAW, masyarakat Mekkah mempunyai kebiasaan Jahiliyah yaitu menyembah patung atau berhala. Jahiliyah artinya zaman kebodohan, yang disembah bukan Allah SWT tetapi patung atau berhala dan kebiasaannya sangat buruk yaitu mabuk, berjudi, maksiat dan merendahkan derajat wanita. Mereka hidup berpindah-pindah dan terpecah dalam suku-suku yang disebut Kabilah. Hidup serba bebas, tidak ada aturan dalam bermasyarakat sehingga kehidupan sangat kacau balau.

Disaat kekacau balauan masyarakat Mekkah tersebut lahirlah Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmat bagi seluruh umat manusia. Demikian ringkasan cerita tentang Masa Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Mohon maaf jika terdapat kekurangan.

Berikutnya         ==>>  Masa Kanak-Kanak Nabi Muhammad SAW

-      -